Home / Pearlaaxy

Jumat, 29 Januari 2021 - 18:52 WIB

8 Trik Psikologis yang Tak Banyak Orang Tahu, Pernah Mencobanya?

87 views

blog.ibarat.id – Psikologi adalah sebuah ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia. Dalam kehidupan sehari-hari, banyak sekali perilaku-perilaku yang dilakukan manusia baik secara sadar maupun tidak sadar. Beberapa perilaku tersebut bisa terbaca oleh orang awam dengan trik psikologis.

Kita bisa mengetahui seseorang bohong atau tidak hanya dengan memperhatikan gelagatnya saat berbicara. Selain itu, masih ada banyak trik psikologis yang wajib kamu coba pada seseorang atau ketika dalam situasi tertentu. Mau tau apa aja? Yuk, ingat baik-baik uraian di bawah ini!

1. Merasa tidak nyaman karena diperhatikan seseorang? Alihkan tatapanmu ke arah sepatu atau alas kakinya

Trik tersebut akan membuat orang yang memperhatikanmu merasa tidak nyaman juga. Teruslah perhatikan sepatu atau alas kakinya sampai orang tersebut merasa gelisah sendiri.

2. Merasa seseorang berbohong kepadamu? Diam dan tatap matanya

Ketika kamu merasa tidak yakin dengan perkataan seseorang kepadamu, diam dan tatap matanya saat ia berhenti berbicara. Orang yang berbohong cenderung akan melanjutkan penjelasannya dengan panjang dan detail tanpa kamu minta. Hal tersebut terjadi karena ia merasa terintimidasi sehingga ia akan berusaha memberikan penjelasan lebih untuk meyakinkanmu.

3. Merasa tersinggung dengan lelucon seseorang? Suruh ia mengulanginya lagi

Lelucon tidak akan lucu untuk yang kedua kalinya. Hal tersebut akan membuat si pelaku lelucon yang menyinggungmu merasa malu dan tidak nyaman.

4. Katakanlah, “aku butuh bantuanmu” dibandingkan “boleh minta tolong?”

Sederhana namun efeknya berbeda. Orang yang kita mintai bantuan akan merasa lebih dihargai dan dibutuhkan ketika kita mengatakan, “aku butuh bantuanmu” sehingga ia akan lebih suka rela membantu kita.

loading...

5. Jatuhkan sesuatu ketika seseorang berbicara tanpa henti, sekarang giliranmu

Baca Juga :  Hari Kanker Sedunia 2021, I Am and I Will

Menjengkelkan memang ketika seseorang terus berbicara tanpa memberi kita kesempatan untuk membuka suara. Daripada memotong ucapannya, lebih baik jatuhkan sesuatu ke lantai. Hal itu akan membuatnya berhenti berbicara karena fokusnya teralihkan. Ketika itu terjadi, segera ambil giliranmu.

6. Merasa marah namun tertahan? gambarlah pola garis

Trik ini terbukti membuat pikiranmu jauh lebih rileks. Rasa marah dalam hatimu akan terkikis sedikit demi sedikit. Hal ini tentu jauh lebih sehat dibandingkan menahannya atau meluapkannya pada sesuatu atau seseorang yang tidak menggores hatimu.

7. Ingin tau apakah dia memperhatikanmu? Menguaplah

Coba tes dengan cara pura-pura menguap. Jika dia benar-benar sedang memperhatikanmu, maka ia akan ikut menguap karena tertular reaksi biologismu.

8. Ketika seseorang tertawa, lihat ke arah mana tatapannya

Mengapa demikian? Karena yang ditatapnya ketika sedang tertawa adalah orang yang membuatnya nyaman. Bisa jadi seseorang yang sedang disukainya atau seseorang yang dianggapnya teman paling akrab. Hal ini berlaku ketika sedang berkumpul dan bercanda tawa.

Bagaimana? Tertarik untuk mencoba salah-satu trik psikologis di atas? Segala perilaku manusia dapat terbaca melalui psikologi. Hal tersebut membuktikan bahwa psikologi bukanlah ilmu agar kita jago membaca pikiran seseorang, melainkan untuk membaca gelagat atau perilaku seseorang.

loading...
loading...

Share :

Baca Juga

Pearlaaxy

Mengulik Fakta di Balik Teru Teru Bozu, Boneka Pawang Hujan dari Jepang

Pearlaaxy

Dianggap Mati, 15 Huruf dalam Kosa Kata Bahasa Inggris Ini Tidak Perlu Dilafalkan

Pearlaaxy

Dari Mana Asalnya Kabut?

Pearlaaxy

Mengenal Geosmin, Sumber Aroma Terkuat Petrikor

Pearlaaxy

Amor Fati dan Cara Menerapkannya dalam Kehidupan Sehari-hari

Pearlaaxy

Semua Orang akan Lost Contact pada Waktunya

Pearlaaxy

Hari Kanker Sedunia 2021, I Am and I Will

Pearlaaxy

Mengapa Awan Hujan Berwarna Kelabu?