Home / Pearlaaxy

Kamis, 28 Januari 2021 - 16:27 WIB

Amor Fati dan Cara Menerapkannya dalam Kehidupan Sehari-hari

64 views

blog.ibarat.id Amor fati berasal dari bahasa Yunani yang berarti mencintai takdir. Suatu istilah yang cantik namun sulit untuk dilakukan manakala kenyataan tak sejalan dengan harapan.

Takdir merupakan hal di luar kendali manusia. Memang, segala sesuatu bisa kita usahakan agar mendapat hasil yang sempurna, seperti yang diinginkan. Namun, tak semua usaha yang keras akan berujung halus. Semuanya kembali lagi kepada takdir.

Menerimanya saja sudah sulit, apalagi mencintainya.

Tepat sekali, menerima dan mencintai memiliki korelasi. Untuk menuju amor fati, ada beberapa hal yang harus menyertai. Berikut poin-poinnya.

1. Menyiapkan hati akan kemungkinan terburuknya

Sebelum merencanakan sesuatu, kita harus siap akan kemungkinan terburuk yang terjadi. Bukan berarti pesimis, hal ini dilakukan agar kamu tidak terlalu jatuh saat rencana tak sesuai ekspetasi.

Terlalu optimis terhadap suatu hal dapat menjadi bumerang untuk dirimu sendiri. Hal ini lah yang membuat kamu sulit untuk menerima kenyataan buruk yang terjadi, menggantungkan diri sepenuhnya pada ekspetasi tanpa berpikir jika hasil bisa mengkhianati.

2. Menerima dengan sepenuh hati

Menerima itu mudah diucapkan namun sulit dilakukan. Akan tetapi, bukan berarti hal tersebut tidak bisa diraih. Latihlah diri untuk menerima segala kenyataan yang terjadi, bersedih boleh namun jangan sampai menyimpannya terlalu lama hingga menimbulkan ketakutan untuk mencoba kembali. Dengan menerima artinya kamu selangkah lebih dekat dengan kedamaian hati, sesuatu yang telah terjadi bukan untuk disesali namun untuk dievaluasi.

loading...

3. Mengikhlaskan segala yang menyakitkan

Seperti pada poin sebelumnya, menyimpan kesedihan terlalu lama bukanlah sesuatu yang baik untuk kesehatan mental. Ikhlaskanlah segala kesakitan dan kesedihan yang dirasakan. Merasakan perasaan sedih adalah bagian menjadi manusia dan itu merupakan hal yang wajar. Namun, jangan berlama-lama dalam kubangan kesedihan, lepaskanlah rasa sedih dan kecewa yang bersemayam dalam dada sebelum meracuni hati dan pikiran yang akan membawamu semakin dalam pada jurang keterpurukan.

Baca Juga :  8 Trik Psikologis yang Tak Banyak Orang Tahu, Pernah Mencobanya?

4. Ingat bahwa hidup tak selamanya baik-baik saja

Semua yang ada di dunia ini pada dasarnya saling menyeimbangi. Keberhasilan dan kegagalan, kebahagiaan dan kesedihan. Dua hal tersebut mempunyai porsinya masing-masing. Tak selamanya hidup akan baik-baik saja. Jadi, tak apa jika kamu mengalami kegagalan. Rencanamu yang gagal, bukan dirimu. Kegagalan tidak mendefinisikan siapa kamu, justru kegagalan lah yang seharusnya membuatmu lebih kuat dari sebelumnya. Selalu mengingat hal ini akan membantu kamu semakin dekat dengan amor fati. Takdir buruk ada karena takdir baik.

Sejatinya, amor fati bukan hanya tentang mencintai, tapi keseluruhan poin diatas sudah termasuk kedalam konsep amor fati. Tujuan amor fati sendiri yaitu untuk menciptakan kedamaian hati sehingga manusia bisa tetap menjalani hidup apapun yang terjadi.

loading...
loading...

Share :

Baca Juga

Pearlaaxy

8 Trik Psikologis yang Tak Banyak Orang Tahu, Pernah Mencobanya?

Pearlaaxy

Mengenal Udumbara, Bunga yang Mekar 3.000 Tahun Sekali

Pearlaaxy

Menilik Ceres, Planet Katai Saingan Mars yang Habitable

Pearlaaxy

Dianggap Mati, 15 Huruf dalam Kosa Kata Bahasa Inggris Ini Tidak Perlu Dilafalkan

Pearlaaxy

Dari Mana Asalnya Kabut?

Pearlaaxy

Mengulik Fakta di Balik Teru Teru Bozu, Boneka Pawang Hujan dari Jepang

Pearlaaxy

Mengenal Geosmin, Sumber Aroma Terkuat Petrikor

Pearlaaxy

Semua Orang akan Lost Contact pada Waktunya