Home / Pearlaaxy

Kamis, 4 Februari 2021 - 05:56 WIB

Hari Kanker Sedunia 2021, I Am and I Will

51 views

Ibarat.id – Hari kanker seduia diperingati pada tanggal 4 Februari setiap tahunnya. Peringatan ini bukan serta merta untuk mengingatkan bahaya penyakit kanker, melainkan juga sebuah seruan kepada seluruh masyarakat global untuk bersatu mengambil langkah preventif terhadap kanker.

Hari Kanker Sedunia pertama kali diperingati pada tahun 2000. Hal ini merupakan inisiatif dari Union for International Cancer Control, sebuah lembaga peduli kanker internasional tertua dan terbesar. Organisasi tersebut berkomitmen sebagai pemimpin untuk mempersatukan seluruh komunitas kanker dunia untuk mengurangi beban kanker global. Hari Kanker Sedunia berkembang menjadi gerakan positif bagi seluruh orang dimana pun mereka berada untuk memberi aksi dan dukungan nyata kepada mereka yang sedang berjuang melawan kanker.

Kanker bukan hanya sebuah persoalan kesehatan, namun menjadi persoalan kemanusiaan juga. Tema Hari Kanker Sedunia tahun ini masih sama dengan tema dua tahun sebelumnya, yaitu ‘I Am and I Will’ atau ‘Aku Adalah dan Aku Akan’. Tema tersebut diartikan sebagai komitmen dalam diri untuk melakukan sebuah tindakan. Sub tema tahun ini adalah ‘Together, all our action matter’ atau ‘Bersama, seluruh tindakan kita penting’. Sub tema tersebut diharapkan dapat membuat kita meningkatkan kepedulian terhadap persoalan kanker dan mengambil tindakan nyata, seperti menyebarkan bahayanya penyakit kanker, pentingnya mendeteksi kanker sedari dini, memberikan dukungan kepada pasien kanker, dan melakukan sesuatu bersama-sama untuk mencegah dan mengupayakan pengobatan penyakit kanker.

loading...

Banyak sekali tindakan inisiatif masyarakat global dalam merespon Hari Kanker Sedunia ini. Pada tahun 2016 orang-orang memposting foto tanpa rambut dengan tagar #NoHairSelfie sebagai simbol keberanian para pasien kanker untuk menjalani pengobatan. Di tahun ini, kita juga bisa berpartisipasi dalam aksi peduli kanker dengan menyebarkan bacaan-bacaan tentang kanker, mengikuti diskusi tentang kanker, dan membuat poster sendiri lewat laman resmi Hari Kanker Sedunia di www.worldcancerday.org yang bisa di akses oleh siapapun. Tagar tahun ini adalah #WorldCancerDay #IAmandIwill.

Baca Juga :  How to Stay Hydrated Like a Pro All Summer

Tindakan sekecil apapun dapat menjadi manfaat untuk suatu hal yang besar. Sebagai manusia, sudah seharusnya kita bersatu untuk memerangi suatu hal yang sangat krisis seperti halnya kanker. Kanker adalah penyakit mematikan nomor dua di dunia dengan membunuh setidaknya 9,5 juta orang setiap tahunnya. Maka dari itu, kita harus menyerukan aksi nyata sebagai tanda solidaritas kemanusiaan global dalam persoalan kanker ini.  (Pearlaaxy)

loading...
loading...

Share :

Baca Juga

Pearlaaxy

Dari Mana Asalnya Kabut?

Pearlaaxy

11 Slang Word Ini akan Membuatmu Terdengar Lebih Pro Berbahasa Inggris Lho

Pearlaaxy

Menilik Ceres, Planet Katai Saingan Mars yang Habitable

Pearlaaxy

Semua Orang akan Lost Contact pada Waktunya

Pearlaaxy

Memasuki Februari 2021, Tiga Negara Ini akan Segera Tiba di Mars

Pearlaaxy

8 Trik Psikologis yang Tak Banyak Orang Tahu, Pernah Mencobanya?

Pearlaaxy

Amor Fati dan Cara Menerapkannya dalam Kehidupan Sehari-hari

Pearlaaxy

Dianggap Mati, 15 Huruf dalam Kosa Kata Bahasa Inggris Ini Tidak Perlu Dilafalkan