Home / Hari Besar Nasional

Selasa, 9 Februari 2021 - 12:15 WIB

Hari Pers Nasional 2021, Pilar Demokrasi sebagai Energi Bangkit dari Pandemi

43 views

Ibarat.id – Pada tanggal 9 Februari setiap tahunnya, Indonesia memperingati Hari Pers Nasional. Tak hanya itu, peringatan Hari Pers Nasional bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Persatuan Wartawan Indonesia (PWI).

Peringatan ini tentu memiliki sejarahnya, dimana para tokoh surat kabar kala itu membangkitkan pers nasional dengan semangat perjuangan bangsa yang memiliki peranan penting dalam melaksanakan pembangunan. Mengingat perjuangan tersebut, Presiden Soeharto mengeluarkan keputusan presiden (Kepres) pada tanggal 23 Januari 1985 untuk menetapkan tanggal 9 Februari sebagai Hari Pers Nasional.

Tahun ini, Hari Pers Nasional membawa tema “Bangkit dari Pandemi, Jakarta Gerbang Pemulihan Ekonomi, Pers sebagai Akselerator Perubahan”. Maksud dari tema tersebut tak lain untuk mengajak kita bersatu, memperkokoh pilar demokrasi sebagai energi untuk bangkit dari pandemi Covid-19, memulihkan perekonomian rakyat, dan menyelaraskan perubahan lewat pers.

Dewan Pers menetapkan Hari Pers Nasional dilaksanakan setiap tahun secara bergantian di ibu kota provinsi seluruh Indonesia. Seharusnya peringatan Hari Pers Nasional 2021 ini dilaksanakan di Kendari, Sulawesi Tenggara. Namun, karena situasi pandemi yang masih belum surut, puncak peringatan Hari Pers Nasional akan diadakan di Istana Merdeka, Jakarta, secara virtual.

loading...

Peringatan tersebut tentu saja dihadiri oleh seluruh wartawan anggota PWI dan anggota organisasi konstituen Dewan Pers. Kita juga bisa berpartisipasi dalam peringatan Hari Pers Nasional dengan meneruskan semangat para tokoh perjuangan pers terdahulu, contoh kecilnya seperti memerangi berita hoax dan menyebarkan berita benar.

Hoax merupakan senjata orang-orang tidak bertanggung jawab untuk memecah belah persatuan diantara kita. Maka dari itu, mulai dari sekarang kita harus pintar memilah dan memilih berita. Jangan mudah terpengaruh akan berita sensitif yang baru saja didapat, sebaiknya kita melakukan pencarian informasi lebih mengenai berita tersebut. Sederhana sekali, bukan?

Baca Juga :  Menyusuri Menara hingga Ujung Dunia #43

Yuk, kita sama-sama wujudkan pilar demokrasi yang lebih kokoh seperti yang tersirat dalam makna tema Hari Pers Nasional tahun ini.

loading...
loading...

Share :