Home / Catatan MHT / Pendidikan

Rabu, 13 Januari 2021 - 23:53 WIB

Kompetisi Pramuka (Kompra) MAN 2 Kota Bogor #15

92 views

Lima tahun yang lalu saya pernah menjadi peserta di ajang Kompetisi Pramuka (Kompra) yang diselenggarakan oleh MAN 2 Kota Bogor. Ajang ini luar biasa. Setiap tahunnya selalu menyuguhkan hal-hal yang berbeda. Lombanya juga tidak biasa. Menantang, tapi berkesan. Itu yang saya rasakan saat menjadi peserta golongan Penggalang pada 2015.

Saya dari pangkalan SMPN 1 Megamendung menjadi ketua regu dalam lomba Wide Game.  Saya memimpin selama perlombaan. Memberikan semangat kepada anggota regu agar dapat menyelesaikan perlombaan dengan maksimal dan bisa memberikan yang terbaik kepada pangkalan (sekolah).

Berawal dari pos pengetahuan umum dan pengetahuan kepramukaan (PUPK). Dilanjutkan dengan sandi dan terakhir membuat pionering. Kami diberikan sebuah peta oleh panitia untuk sampai ke pos-posnya. Sempat bingung karena di antara kami tidak banyak tahu daerah Kota Bogor. Akan tetapi, sebagai anggota Pramuka harus bisa. Alhamdulillah kami dapat melewati pos-posnya. Walaupun saat pengumuman, regu kami belum menjadi juara. It’s okay

loading...
this is competition.

Kalau masalah latihan, kami sudah berlatih dari jauh-jauh hari. Mungkin ada yang berlatih jauh lebih maksimal sehingga bisa meraih juara.

Tak apa. Saya menerima dengan lapang dada. Walaupun regu saya belum berhasil, perlombaan ini membuat saya berkesan. Melihat panitianya juga begitu lugas dalam menjelaskan juklak dan juknis perlombaan. Sikap profesionalisme juga dimiliki oleh panitia. Saya sangat mengapresiasi kinerja pantia. Bagus dan luar biasa dalam manajemen perlombaannya sehingga ajang ini berlangsung meriah dan sukses. Ajang perlombaan yang super keren ini membuat saya kenal dengan anggota Pramuka dari berbagai pangkalan dan daerah. Saya juga dapat mengukur kapasitas diri agar bisa menjadi pribadi yang lebih baik, khususnya dalam kehidupan Pramuka.

loading...
loading...

Share :

Baca Juga

Catatan MHT

Kapan Puncak Bebas Macet? #30

Advertorial

Segera Daftar Webinar Teras Literasi Cianjur “Berprestasi di Tengah Pandemi melalui Literasi”

Catatan MHT

Cerita Kesaksian 16 Tahun Silam Tsunami Aceh #53

Catatan MHT

Young Agripreneur Camp Batch 7 Part 3 #32

Catatan MHT

Young Agripreneur Camp Batch 7 Part 1 #25

Catatan MHT

Hal Kecil untuk Perubahan yang Besar #8

Catatan MHT

Terinspirasi dari DI’s Way #27

Catatan MHT

Menyusuri Menara hingga Ujung Dunia #43