Home / Bisnis / IPB

Rabu, 27 Januari 2021 - 08:23 WIB

Mahasiswa Agribisnis IPB Kenalkan KlambirBirdNest.id ke Mahasiswa Malaysia

96 views

blog.ibarat.id – Irvan Didi Pramana, seorang Mahasiswa Agribisnis IPB yang juga Chief Executive Officer (CEO)KlambirBirdNest.id memperkenalkan komiditas sarang burung walet Indonesia ke mahasiswa Universitas Teknologi Malaysia di mata kuliah Graduate Succes Atribute, Kamis (21/1/2021) lalu.

KlambirBirdNest.id bersama mahasiswa Universitas Teknologi Malaysia. (Dokpri)

Dalam paparannya, ia menyebut walet masih memberi peluang yang sangat luas dilihat dari permintaan pasar yang terus meningkat, sementara produksi sangat terbatas.

“Walet produk Indonesia hampir 90% untuk kebutuhan ekspor. Sekitar 60-70% ekspor Indonesia diserap oleh China. Untuk pasaran ekspor, harga walet mengikuti US Dolar,” kata Irvan Didi dalam siaran persnya.

Lebih lanjut, mahasiswa binaan Asrama Kepemimpinan dan Kader Pejuang Pertanian IPB itu menerangkan bahwa saat ini harga rata-rata kisaran sarang walet mentah sebelum proses sekitar US$ 1500. Setelah diproses bisa mencapai US$ 2500, bahkan lebih.

“Selama ini China mewajibkan perdagangan walet melalui negara ketiga, seperti Singapura, Hong Kong, atau Malaysia,” terangnya.

Untuk diketahui, KlambirBirdNest.id adalah sebuah startup teknologi sarang burung walet yang hadir pada tahun 2020. Berdirinya startup ini berawal dari sebuah mimpi untuk memunculkan peternak-peternak walet baru serta meningkatkan kuota ekspor sarang burung walet Indonesia.

loading...

KlamBirdNest.id melalui layanan Birdnest.id, BirdnestFund, dan BirdnestSupply hingga kini terus mewujudkan ekosistem bisnis sarang burung walet yang lebih baik.

“Semoga ke depan generasi muda ASEAN semakin terbuka terhadap peluang-peluang usaha pertanian. Sudah saatnya yang muda yang bergerak. Kerja sama dan kolaborasi harus segera dilaksanakan,” harap CEO KlambirBirdNest.id itu.

Selain itu, mahasiswa Agribisnis IPB itu juga berharap KlambirBirdNest.id semakin dikenal di internasional, negara-negara produsen walet seperti Indonesia, Thailand, Vietnam, Singapura, Myanmar, Malaysia, India, dan Srilangka dapat menggunakan layanan KlambirBirdNest.id.

Baca Juga :  Escape to the Caribbean for Stress-Free Holidays

Salah satu negara tujuan ekspor yang cukup potensial adalah Hong Kong. Dari Hong Kong, komoditas ini disebarkan secara luas ke seluruh dunia, antara lain Eropa, Afrika, Amerika, dan Asia Tengah.

“Namun, negara konsumen terbesar sarang burung walet bukan Hong Kong, melainkan China,” pungkasnya. (Red/MHT)

popmake-982

loading...
loading...

Share :

Baca Juga

Catatan MHT

Program Pendidikan Kompetensi Umum (PPKU) #18

Catatan MHT

Lekas Pinjam, Inovasi Perpustakaan Ala Mahasiswi IPB University #3

IPB

Graha Widya Wisuda (GWW) Gedung Awal-Akhir Mahasiswa IPB

Catatan MHT

Bincang Sejenak #41

Bisnis

Technician Education Can Fuel Financial Success

IPB

Lapangan Gelora IPB, Tempat yang Pernah Memecahkan Rekor Dunia

Catatan MHT

Prestasi Sebagai Tradisi #38

Bisnis

Instead of a Sports Fan, Become a Sports Participant