Home / Pearlaaxy

Rabu, 24 Februari 2021 - 06:20 WIB

Mengenal Udumbara, Bunga yang Mekar 3.000 Tahun Sekali

83 views

Ibarat.id – Tahukah kamu jika ada bunga yang mekarnya harus menunggu beribu-ribu tahun? Ya, bunga tersebut dikenal sebagai udumbara, bunga legendaris yang hanya mekar 3.000 tahun sekali. Bunga ini berukuran sangat kecil, berwarna putih, dan bisa tumbuh pada media selain tanah, seperti besi, kaca, dan kayu dengan cara menumpang.

Bentuknya yang sangat kecil membuat bunga udumbara sangat sulit untuk dilihat. Namun, aroma bunga dari udumbara ini sangat harum dan dapat menyebar dalam waktu yang sangat lama.

Bunga udumbara pertama kali ditemukan di China. Tepatnya di bawah mesin cuci, di Gunung Lushan, Jiangxi, China. Eksistensi bunga udumbara juga sempat muncul di berbagai negara seperti Malaysia, Singapura, Indonesia, Amerika, dan Australia.

Bunga ini dikenal dengan sebutan udonge di Jepang. Sebagian orang menganggap udumbara adalah tumbuhan spesies youtan pulo yang memang cukup langka. Dalam bahasa sansekerta, udumbara diartikan sebagai bunga yang menguntungkan dari surga. Ya, karena bentuk fisiknya yang putih bak melambangkan kesucian serta aromanya yang sangat harum.

loading...

Namun, penelitian menyebutkan bahwa udumbara bukanlah bunga, melainkan sebuah telur serangga lacewings hijau dari family chrysopidae. Bentuk telur lacewings hijau memang aneh menyerupai sulur-sulur putih panjang yang menempel pada media daun, ranting, hingga kayu. Kendati demikian, para peneliti harus melakukan riset lebih jauh mengenai udumbara untuk membuktikan apakah bunga tersebut benar-benar ada atau tidak.

Bisa dibilang jika keberadaan bunga udumbara masih menjadi misteri dan mitos. Karena udumbara sulit ditemukan dan durasi mekarnya yang singkat, penelitian pun belum dilakukan lebih jauh lagi. (Pearlaaxy)

loading...
loading...

Share :

Baca Juga

Pearlaaxy

Hari Kanker Sedunia 2021, I Am and I Will

Pearlaaxy

Amor Fati dan Cara Menerapkannya dalam Kehidupan Sehari-hari

Pearlaaxy

11 Slang Word Ini akan Membuatmu Terdengar Lebih Pro Berbahasa Inggris Lho

Hari Besar

Hari Perempuan Sedunia 2021: Tak Ada Batasan untuk Perempuan Berkarya

Pearlaaxy

Mengulik Fakta di Balik Teru Teru Bozu, Boneka Pawang Hujan dari Jepang

Pearlaaxy

5 Alasan Mengapa Super Blood Moon 26 Mei 2021 Sangat Spesial

Pearlaaxy

Mengenal Geosmin, Sumber Aroma Terkuat Petrikor

Pearlaaxy

Memasuki Februari 2021, Tiga Negara Ini akan Segera Tiba di Mars