Home / Pearlaaxy

Minggu, 24 Januari 2021 - 12:57 WIB

Mengulik Fakta di Balik Teru Teru Bozu, Boneka Pawang Hujan dari Jepang

88 views

blog.ibarat.id – Melihat seseorang yang memiliki kemampuan menangkal hujan sudah terlalu biasa untuk kita yang tinggal di Indonesia. Namun, bagaimana jika sebuah boneka yang melakukannya? Iya, sebuah boneka yang dipercaya dapat menangkal hujan.

Boneka yang dimaksud adalah Teru Teru Bozu dari Jepang. Boneka ini dipercaya masyarakat Jepang sebagai pawang hujan. Boneka yang dibalut kain putih lalu dihiasi sebuah pita dibagian leher membuatnya nampak seperti boneka hantu yang lucu. Biasanya boneka ini digantung pada tepi jendela menggunakan benang. Unik sekali, bukan? Tidak hanya itu, berikut ini beberapa fakta menarik tentang Teru Teru Bozu yang harus kamu ketahui.

1. Dalam bahasa Jepang berarti bersinar

Teru adalah sebuah kata kerja dalam bahasa Jepang yang berarti “bersinar”, sedangkan bozu berarti “biksu” atau “kepala botak”. Dari segi penampilan memang boneka Teru Teru Bozu menyerupai seorang biksu atau seseorang yang berkepala botak. Jadi, bukan representasi dari hantu, ya!

2. Legenda yang berkaitan dengan biksu

Pada saat membuat boneka Teru Teru Bozu, biasanya anak-anak Jepang akan menyanyikan sebuah lagu yang dirilis pada tahun 1921 dengan lirik sebagai berikut.

Teru Teru Bozu, jadikan hari esok menjadi cerah, seperti langit dalam mimpi di suatu waktu, jika esok cerah aku akan memberimu lonceng emas.

Teru Teru Bozu, jadikan hari esok menjadi cerah, jika kau mengabulkan keinginanku, kita akan minum anggur beras manis yang banyak.

Teru Teru Bozu, jadikan hari esok menjadi cerah, tapi jika awan menangis, aku akan memotong kepalamu.”

Perhatikan kalimat terakhir dari lirik lagu di atas. Menurut legenda, lirik menyeramkan tersebut ditujukan kepada seorang biksu yang memiliki kemampuan untuk mendatangkan cuaca cerah. Namun, pada suatu hari entah mengapa biksu tersebut tidak bisa membuat cuaca cerah sehingga ia harus kehilangan kepalanya. Kepala biksu tersebut dipenggal lalu dibungkus kain dan digantung di luar untuk menangkal hujan. Menyeramkan sekali, bukan?

Baca Juga :  Webinar Nasional Himadikpolkum IPI Garut Upaya Lahirkan Entrepreneur Peduli Lingkungan
loading...

3. Legenda seorang gadis yang mengorbankan dirinya ke langit

Dalam legenda lain yang tak kalah menyedihkan, dikisahkan suatu kota di Jepang sedang diguyur hujan lebat tanpa henti. Hujan tersebut hampir menenggelamkan seluruh kota.

Pada suatu hari terdengar suara dari langit yang memperingatkan jika kota tersebut akan benar-benar tenggelam jika tidak ada seorang gadis yang rela dikorbankan ke langit. Siapa sangka, ada seorang gadis yang bersedia mengorbankan dirinya demi menyelamatkan semua orang dari murkanya langit. Ia keluar dari rumah dengan membawa sebuah sapu sebagai simbol menyapu awan hitam di langit.

Gadis tersebut dikenal sebagai Souseijoi di Jepang. Saat ini sosok Souseijoi dikenang sebagai Teru Teru Bozu yang dipercaya dapat menangkal hujan.

4. Sebenarnya berasal dari China

Dari legenda yang sama, gadis yang mengorbankan diri ke langit dikenal sebagai So-Chin-Nyan di China. Teru Teru Bozu sebenarnya berasal dari China lalu menyebar ke Jepang ketika periode Heian (794-1185). Meskipun berasal dari China, Teru Teru Bozu lebih populer dan melegenda secara turun temurun di Jepang.

Bagaimana menurutmu? Apakah kamu percaya akan mitos Teru Teru Bozu ini? Percaya atau tidak, kita tetap harus menghormati kepercayaan orang Jepang terhadap Teru Teru Bozu si boneka pawang hujan ini. Sekarang Teru Teru Bozu sudah marak dikomersialkan dengan tampilan yang lebih beragam. Fungsinya pun tidak hanya untuk menangkal hujan, boneka ini juga menarik untuk dijadikan pajangan atau gantungan. Tertarik untuk memilikinya? Silakan cari sendiri, ya! (Pearlaaxy)

loading...
loading...

Share :

Baca Juga

Pearlaaxy

Semua Orang akan Lost Contact pada Waktunya

Pearlaaxy

Mengenal Udumbara, Bunga yang Mekar 3.000 Tahun Sekali

Pearlaaxy

8 Trik Psikologis yang Tak Banyak Orang Tahu, Pernah Mencobanya?

Pearlaaxy

Dianggap Mati, 15 Huruf dalam Kosa Kata Bahasa Inggris Ini Tidak Perlu Dilafalkan

Pearlaaxy

Mengapa Awan Hujan Berwarna Kelabu?

Pearlaaxy

Dari Mana Asalnya Kabut?

Pearlaaxy

Hari Kanker Sedunia 2021, I Am and I Will

Hari Besar

Hari Perempuan Sedunia 2021: Tak Ada Batasan untuk Perempuan Berkarya