Home / News

Rabu, 17 Februari 2021 - 07:26 WIB

Pengabdian Masyarakat, Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang Sosialisasi Covid-19

27 views

Dok. Istimewa

Dok. Istimewa

Ibarat.id – Covid-19 nampaknya masih menjadi musuh bersama. Kasus positif di Indonesia masih terus bertambah walaupun sudah berkali-kali diberikan arahan protokol kesehatan dari pemerintah. Banyak masyarakat yang mulai abai akan penyebaran Covid-19 ini. Seharusnya, edukasi terkait Covid-19 ini terus berjalan selama virus tersebut belum sepenuhnya sirna. Terutama di kalangan anak-anak, masih banyak dari mereka yang hanya sekedar mendengar namun tak mengerti secara keseluruhan tentang virus Covid-19.

Melihat permasalahan tersebut, mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) berinisiatif melakukan sosialisasi Covid-19 pada kalangan anak-anak SMP di Desa Singgahan, Kebonsari, Madiun pada Selasa (16/2/2021). Sosialisasi tersebut sebagai bentuk pengabdian masyarakat oleh mahasiswa (PMM) yang dilakukan oleh dua orang mahasiswa Fakultas Hukum, Aulia Azizah dan Rosita Dyah Ayu Setiyani.

Mereka melakukan sosialiasi dengan menerapkan protokol kesehatan di salah satu rumah warga di Desa Singgahan. Tak hanya itu, mereka juga memberikan beberapa tips belajar daring di rumah kepada anak-anak SMP tersebut.

“Di awal kami memberikan sosialisasi Covid-19 kepada mereka, lalu dilanjutkan dengan memberi tips-tips belajar di rumah selama masa pandemi,” ungkap Rosita.

Kehadiran dua mahasiswa PMM UMM tersebut disambut hangat oleh anak-anak. Selain memberikan tips belajar daring di rumah, mereka juga mengajari anak-anak cara manajemen waktu yang baik dan benar selama belajar di rumah.

loading...

“Kami ajari juga cara manajemen waktu yang baik dan benar supaya mereka bisa belajar dengan lebih nyaman,” jelas Aulia di kediaman salah-satu warga tempat berlangsungnya sosialisasi.

Banyak dari anak-anak SMP tersebut yang akan memasuki jenjang pendidikan SMA, maka dari itu Aulia dan Rosita tak tanggung-tanggung memberikan arahan kepada anak-anak dengan tujuan supaya mereka mendapatkan gambaran dan segera mempersiapkan diri untuk memasuki jenjang SMA.

Baca Juga :  Dianggap Mati, 15 Huruf dalam Kosa Kata Bahasa Inggris Ini Tidak Perlu Dilafalkan

Di penghujung kegiatan, anak-anak nampak semakin antusias karena Aulia dan Rosita mengajari mereka cara membuat handsanitizer mandiri.. Selain menghemat biaya, pembuatan handsanitizer ini memberikan edukasi kepada anak-anak terkait bahan-bahan apa saja yang terkandung dalam handsanitizer.

“Mereka (anak-anak) senang ketika kami ajari cara membuat handsanitizer,” pungkas Rosita setelah mengakhiri kegiatan.

Dengan adanya sosialiasi Covid-19 ini, diharapkan anak-anak mau pun orang tua menjadi sigap lagi untuk menerapkan protokol kesehatan seperti pada awal-awal pandemi muncul. Lebih baik bersabar sedikit untuk memutus rantai penyebaran virus Covid-19 dari pada terus abai yang menyebabkan penyebaran tak kunjung berhenti. (*)

loading...
loading...

Share :

Baca Juga

News

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang Lakukan Pengabdian Masyarakat
Ini Hal Menarik yang Ditemukan MHT di Cianjur Selatan

Desa

Ini Hal Menarik yang Ditemukan MHT di Cianjur Selatan

News

Kabar Duka Hari Ini, Guru Kita Syekh Ali Jaber Wafat

Desa

Begini Pemandangan di Cibeber Cianjur